Cara Mancing Di Air Laut

Cara Mancing di laut

Memancing di laut secara luas adalah kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan sebuah pekerjaan, hobby, olahraga atau kegiatan di lakukan mulai dari pinggir hinga ke tengah laut dengan menggunakan bantuan alat pemancing ikan. Tentunya kegiatan memancing yang dilakukan di beberapa tempat yang berbeda, biasanya di lakukan dengan cara yang beda pula, seperti misalnya cara mancing di laut pasti akan berbeda jika kita memancing ditempat lain. Berbagai teknik di lakukan agar berhasil mendapatkan ikan yang banyak. Sebelum anda memancing tidak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih dahulu beberapa teknik memancing. Disini kami akan mengulas tentang beberapa teknik yang biasa di gunakan dalam memancing dilaut.

Adapun beberapa teknik yang biasa digunakan untuk cara mancing di laut antara lain:

  • Teknik bottom fishing (mancing dasaran), mancing dasaran adalah teknik mancing paling dasar atau yang umum digunakan oleh para pemancing. Karena teknik ini sangat sederhana, buat rangkaian dasar, pasang umpan, lalu cemplungkan dan tunggu sampai mendapatkan sambaran dari ikan di laut. Mancing dasaran biasanya menggunakan tangan dengan di lengkapi pemberat seperti timah atau besi yang beratnya bisa mengimbangi dari kencangnya arus, ini merupakan salah satu cara tradisional.
  • Teknik jerking (mancing hentak), teknik ini biasanya menggunakan umpan berupa ikan hidup. Bisa menggunakan pemberat atau juga tidak. Umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal, mendekati spot yang di rasa terdapat banyak ikan. Terkadang juga menggunakan balon yang diikat 1-2meter agar ikan tidak berenang kebawah dan mudah ditanggkap.
  • Teknik kite fishing (mancing menggunakan layang layang). Memancing menggunakan layang layang biasa digunakan untuk menjauhkan umpan pada jarak tertentu. Dan juga untuk menjaga umpan agar tetap dipermukaan air. Agar ikan mudah di tangkap dan mendapatkan hasil yang lebih banyak.
  • Teknik negek merupakan salah satu teknik yang target utamanya adalah ikan baronang. Cara memancing ini menggunakan sejenis mata kail yang bermata 6 dan berbentuk seperti matahari yang disebut garong. Uniknya sering kali ikan yang di garong tertangkap bukan karena pancing menyangkut dimulutnya, namun menyangkut di insang, perut, buntut dan sebagainya.
  • Teknik trolling, teknik ini biasa di gunakan saat kapal jalan dengan kecepatan 5-7 knot dan menggunakan umpan buatan yang disebut beberapa rapala. Jarak umpan dari kapal sekitar 10-20 meter tergantung dari ukuran umpannya.
  • Teknik casting, teknik ini adalah mancing dengan melemparkan umpan tiruan ke titik dimana kita berada. Lontaran umpan biasanya tidak perlu terlalu jauh (20-30 meter) dan dilanjutkan dengan menggulung senar secara perlahan, sambal membuat irama tarikan senar agar umpan terlihat berenang, goyang kiri kanan dan lainnya. Gerakan tersebut akan menarik perhatian ikan sasaran untuk menyambarnya.

Pilihlah teknik yang cocok dan nyaman untuk anda gunakan. Dan sebaiknya sebelum anda menentukan tempat untuk memancing, sebaiknya anda mencari beberapa informasi terlebih dahulu agar lebih mengetahui cara cara mancing di laut, atau beberapa tempat lainnya. Tidak setiap pemancing selalu berhasil dengan baik. Saat memancing ikan dilaut, faktor cuaca atau faktor alam sangat berpengaruh pada hasil tangkapan. Faktor cuaca biasanya tergantung dari beberapa faktor yaitu, hembusan angin, kencangnya ombak, keadaan awan, suhu air laut, arus air dan kejernihan air laut itu sendiri. Untuk itu, selain telah mengetahui beberapa teknik memancing sebaiknya anda juga memilih waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan memancing tersebut.