Cara Mancing Di Air Sungai

Cara Mancing di sungai

Sungai merupakan salah satu alternative yang baik jika anda tidak memiliki kesempatan dan peralatan yang memadai untuk memancing dilautan. Tak kalah seru dengan aktivitas memancing di laut, memancing disungai juga bisa dibilang asik, karena banyak target dengan berbagai ukuran yang akan anda dapatkan. Sungai merupakan tempat air tawar yang sangat gampang ditemukan di Indonesia. Saat ini terdapat ribuan sungai yang melintasi nusantara baik itu yang berukuran besar, maupun kecil. Begitu juga dengan jenis yang beragam yang terdapat didalamnya. Memancing disungai tentunya memiliki cara mancing di sungai, yang tentu akan berbeda dengan memancing di laut. Untuk memperoleh hasil pancingan yang maximal disungai, anda harus terlebih dahulu mengetahui karakter air yang melintasi sebuah sungai. Biasanya jika dalam kondisi air tertentu ikan juga akan beradaptasi dengan air.

Berikut beberapa cara yang akan diberikan untuk membantu anda mendapatkan banyak hasil yang banyak, dan akan dibahas pula bagaimana cara mancing di sungai:

  • Cara Pertama, pilihlah lokasi untuk memancing disungai. Tempat memancing di sungai tidak boleh sembarangan apabila pemancing berharap mendapatkan ikan banyak. Dalam memilih tempat yang paling penting adalah dengan melihat aliran air. Pilihlah juga jenis ikan yang menjadi target utama anda karena ikan yang berbeda jenis memiliki kesukaan yang berbeda beda untuk bertempat disungai.
  • Cara Kedua, pilihlah senar pancing yang tepat dengan menyesuaikan karakter ikan dan gerakan air disungai.
  • Cara Ketiga, pilihlah kail yang sesuai. Karena kail merupakan salah satu faktor yang sangat fital dalam keberhasilan memancing disungai. mengabaikan ukuran kail atau pancing berarti merelakan waktu memancing anda menjadi sia-sia.
  • Tips keempat, perhatikan cara yang anda gunakan dalam memberi umpan. Cara pemberian umpan dan jenis umpan harus sesuai dengan watak ikan yang akan dipancing. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan jika ingin memancing di sungai.

Berikut ini merupakan beberapa tips memancing dengan perbedaan karakter air sungai. Pertama jika air sungai dengan kondisi berair keruh, banyak faktor yang menyebabkan air bisa menjadi keruh seperti mungkin banjir, erosi tanah, air pasang dan beberapa faktor yang lainnya. Karakter air keruh ini biasanya akan mempengaruhi keberadaan ikan, dan berpengaruh pula dengan cara mancing disungai yang akan anda gunakan.

Saat keadaan air keruh dengan tingkatan sedikit sampai sedang mungkin keberadaan ikan masih akan mudah terlihat. Tetapi jika keadaan air sangat keruh, itu menyulitkan anda untuk mengetahui keberadaan ikan. Memancing dalam kondisi air keruh sedikit hingga sedang dapat menggunakan teknik dasaran atau yang umum biasanya digunakan. Jika kondisi air sangat keruh karena erosi tanah yang disebabkan banjir besar, kemungkinan memperoleh hasil sangat sedikit.

Biasanya kondisi air yang seperti ini sangat banyak lumpur yang terkadung didalamnya. Alternative terbaik memancing yang terbaik dengan kondisi seperti ini adalah tepat pada pinggir sungai dan pertemuan sungai kecil dan besar. Dipinggir sungai yang terdapat tumbuh tumbuhan liar dengan arus yang berbeda dari arus ditengah sungai, merupakan tempat potensial ikan berkumpul.

Yang kedua jika kondisi air sungai jernih, merupakan karakter air yang sangat sensitive untuk ikan. Keberadaan ikan akan terlihat dengan mata karena jernihnya air. Namun ikan juga sangat sensitive dengan keberadaan pemancing. Situasi yang ribut dan sibuk akan gampang dideteksi oleh ikan dan membuat mereka berlindung ditempat yang aman. Pemasangan umpan yang baik menjadi strategi yang harus digunakan jika anda memancing pada situasi air ini, usahakan mata kail tertutup oleh umpan yang diberikan.