Tips Dan Trik Mancing Di Karang

mancing di karang

Memancing adalah kegiatan melemparkan umpan dengan alat pancing yang bertujuan untuk mencari ikan. Kegiatan mancing merupakan kegiatan yang memiliki manfaat yang banyak danjuga dapat dijadikan sebagai hobi, olahraga kecil, pekerjaan. Memancing ikan biasanya dilakukan di tempat tempat yang berpotensi memiliki ikan seperti halnya waduh, sungai sungai, rawa, atau bahkan di laut. Untuk laut sendiri merupakan lahan pancing yang luas dan tentunya memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan hasil pancing dibandingkan di waduk dan lain lain. Terlebih lagi di laut nanti ikan yang diperoleh berjenis ikan air laut yang hanya dapat hidup di air asin saja.

Berbeda dengan hasil tangkapan di rawa, sungai yang merupakan ikan berjenis air tawar. Perbedaan ikantersebut tidak banyak, tetapi dalam budidaya ikan yang paling mudah adalah ikan air tawar. Untuk memancing di laut tidak selamanya mendapatkan ikan saja. Terkadang dapat memperoleh gurita, cumi, dan bahkan kura kura. Memancing di laut juga tidak selalu harus pergi ke tengah tengah laut, melaindan bisa di pesisir pantai dan juga di karang. Di antara dua opsi lain tersebut yang paling menjanjikan adalah opsi memancing di karang. Terlebih lagi di sekitar karang adalah wilayah dimana ikan tinggal. Memancing di karang juga tidak boleh sembarangan karena ada aturannya. Terlebih lagi ada tips dan trik mancing di karang agar kegiatan mancing tersebut lebih terstruktur.

Beberapa Tips dan trik mancing di karang

Mancing di karang atau yang biasa disebut rock fishing merupakan kegiatan memancing yang dilakukan di atas tebing karang. Hal tersebut sangat menyenangkan untuk dilakukan karena disamping dapat memancing juga dapat hiking saat ingin menuju ke tempat memancing karena biasanya jalur untuk menuju ke atas sangat terjal. Berikut ini adalah tips dan trik mancing di karang.

  • Perhatikan waktu memancing.

    Bagi para pemancing boleh saja memancing kapan pun mereka sukai. Akan tetapi bila bertujuan untuk mencari ikan yang banyak maka dapat dilakukan dengan memperkirakan saat saat dimana ikan lapar dan sedang aktif aktifnya. Misalnya saja ikan di laut akan mudah di tangkap pada malam hari sekitar jam 1 karena pada saat itu ikan ikan sedang mulai berburu mencari makanan.

  • Pilihlah lokasi yang aman.

    Salah satu hal yang terpenting ketika ingin memancing di laut adalah keselamatan. Begitu pula ketika ingin memancing di karang. Carilah tempat memancing yang banyak dipakai oleh pemancing lain untuk mengantisipasi kecelakaan misalnya saja longsornya tanah yang ada di karang.

  • Waspada ombak.

    Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memancing di karang adalah ombak. Selain mencari lokasi yang aman, carilah juga karang yang tinggi lebih dari 5 meter. Bila tidak ada yang lebih dari itu maka usahakan jangan terlalu lama berada membelakangi ombak karena kita tidak akan tahu kapan ombak besar akan datang.

  • Kenakan sepatu yang aman.

    Hal ini ditujukan agar tidak mudah terpeleset ketika berada di karang karena musibah tidak pernah dapat di prediksi.

Perlengkapan yang digunakan untuk mancing di karang.

Setelah cukup mengenai tips dan trik mancing di karang maka selanjutnya adalah peralatan yang harus ada saat digunakan memancing di karang.

  • Yang pertama adalah alat pencing lengkap yang disertai joran.
  • Umpan segar seperti ikan kecil atau cumi cumi.
  • Cool boc 12 liter yang nantinya untuk menyimpan hasil tangkapan.
  • Senter yang digunakan di atas karang ketika malam.
  • Makanan secukupnya apa bila tidak mendapatkan ikan sama sekali.